SEMARAK LOMBA KREASI TUMPENG ANTAR LEMBAGA DI DESA KEDUNGSUMBER

Simbol kesejahteraan dan kemakmuran, kedua hal itulah yang menggambarkan kelima lembaga di desa Kedungsumber. Lomba kreasi tumpeng ini tercetus pada tahun lalu oleh Mahasiswa KKN. Namun terdapat perbedaan pada tahun ini, yakni pada peserta lomba yang mengikutinya. Jika tahun lalu pesertanya antar dusun, tahun ini pesertanya berasal dari Lembaga Desa yang berada di Desa Kedungsumber yaitu terdiri dari Kopwan, Gapotan, Bumdes, Kasun, dan Kesekertariatan.

Acara ini dimulai pada pukul 02.00 Wib di Pendopo Balai Desa Kedungsumber yang dibuka secara langsung oleh Ibu Kepala desa dan dihadiri oleh seluruh perangkat desa. Pada lomba tumpeng ini peserta tidak hanya menampilkan kreasi tumpengnya saja tetapi, juga mempersentasikan filosofi tema tumpeng yang diambil.

Juri dalam lomba ini adalah Ibu Kepala Desa dan dua mahasiswa KKN Trasformatif 2019. Kriteria dalam penilaian lomba tumpeng ini adalah Rasa, Kerapian, Kreastifitas dan Persentasi filosofi tema. Untuk sesi Persentasi tema Juri memberikan waktu maksimal 5 menit. Persentasi tema dimulai dari perwakilan dari Kopwan yang memberikan tema kreasi tumpengnya dengan nama tumpeng “Taman Sejahtera”. Perwakilan selanjutnya dari Kasun yang memberikan tema kreasi tumpengnya dengan nama “FourSun” yang artinya Empat Kapala Dusun yaitu Dusun Kricak,Krajan,Tretes, dan Sugihan. Kemudian dilanjutkan persentasi tema dari Bumdes yang memberikan tema kereasi tumpengnya dengan nama “Bumdes menuju kemakmuran”. Kemudian dari  Gapoktan dengan tema “Mekar Jaya tetap mekar di Desa Kedungsumber”. Dan persentasi yang terakhir dari Kesekertariatan&Kepala seksi yang paling unik dengan Tema “Pencuci Mulut” yang intinya sebagai pencuci mulut karna kreasi yang ditampilkan bukan Nasi Tumpeng, melainkan susunan cake yang dihiasi sedemikian rupa dengan potongan buah-buahan dan tak lupa Semangka yang berisi es buah.

Dalam lomba kreasi tumpeng ini dimenangkan oleh kelompok Bumdes sebagai juara 1, Kopwan juara 2 dan Kasun juara 3. Setelah selesai penilaian, lalu diadakan makan tumpeng bersama dengan seluruh masyarakat dan mahasiswa KKN transformatif 2019 UINSA.

Updated: 10 Maret 2019 — 10:04 pm