DESA KEDUNGSUMBER-BOJONEGORO SEBAGAI PESERTA MEWAKILI JATIM DALAM LOMBA KIP NASIONAL

(Foto kegiatan Tim Visitasi Penilaian Lapangan Lomba KIP Nasional di Desa Kedungsumber-Bojonegoro dari KIP Pusat, KEMENDES (PDTT) dan BAKTI di dampingi Kepala Desa Kedungsumber (Kanan)/ Jum’at, 03 September 2021)

Desa Kedungsumber-Bojonegoro Jawa Timur, Berdasarkan hasil seleksi yang di lakukan Komisi Informasi Pusat, Kementerian Desa PDTT, dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informasi (BAKTI), Desa Kedungsumber terpilih sebagai salah satu peserta sepuluh besar untuk mewakili Jawa Timur dalam Lomba Keterbukaan Informasi Publik Nasional tahun 2021.

Pada hari Jum’at tepatnya tanggal 03 September 2021 Tim Visitasi melakukan Pendalaman lapangan untuk melakukan penilaian di Desa Kedungsumber Kec. Temayang Kab. Bojonegoro.Dalam rombongan Tim Visitasi tersebut hadir dari Perwakilan Kemendes PDTT, KIP Pusat, KIP Jatim, KIP Aceh dan Badan Aksesibilitan Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Serta tamu undangan dari Kadin DPMD dan Kadin Kominfo Kab. Bojonegoro.

”Pengelolaan anggaran Desa yang terbuka, transparan dan akuntabel¬† perlu di lakukan mengingat setelah lahirnya UU Desa Nomer 06 Tahun 2014 Desa menerima anggaran rata-rata paling sedikit satu milyard, dan masyarakat berhak berparsitipasi untuk mengetahui Perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan di Desa” ujar Ketua Tim Visitasi Ibu Wafa (Nama Panggilan) ketika memberikan sambutan pada acara Penilaian Lapangan Lomba KIP Nasional di Desa Kedungsumber-Bojonegoro.

Kegiatan MODUS (Musyawarah Dusun) yang di laksanakan di masing-masing Dusun setiap semester tahunan. merupakan kegiatan inovasi yang wajib di lakukan di Desa Kedungsumber, karna dari kegiatan MODUS Tersebut masyarakat bisa menyampaikan aspirasi,saran pembangunan prioritas yang di inginkan setiap tahunnya, yang akhirnya hasil dari MODUS tersebut di bawa ke Desa dan di kemas dalam RKP dan APBDesa.

Mengingat Desa Kedungsumber merupakan wilayah BLANKSPOT tidak adanya jaringan seluler kegiatan tatap muka melalui MODUS (Musyawaroh Dusun) merupakan wadah yang di anggap bisa untuk menyampaikan informasi kegiatan Pembangunan dan Keuangan Desa serta realisasi kegiatan Kepada Masyarakat Desa.serta pemasangan wyfi di masing-masing Dusun di harapkan masyarakat yang melek IT dan masyarakat di luar Desa bisa melihat Informasi Berkala yang di sampaikan melalui WabDesa www.kedungsumber.desa.id serta media lainnya (KasiPem Ds. Kedungsumber-03-09-2021)

Updated: 16/09/2021 — 10:43