WARGA KRICAK MEMEGANG TEGUH TRADISI MANGANAN

TRADISI DUSUN KRICAK: foto tradisi manganan di dusun kricak desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, selasa 6/2/2018.
(foto gunawan)

Dusun Kricak Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur, memiliki adat istiadat yang tidak bisa lepas dari kebiasaan masyarakatnya, yaitu tradisi Manganan.

Manganan dilakukan setiap setahun sekali setelah panen raya yang dilakukan pada hari Jumat Pahing karena menurut masyarakatnya hari tersebut adalah hari baik dan alunan gamelan Wayang Tenggul mengiringgi tradisi manganan. Untuk judul atau lakon Wayang Tenggul setiap tahun nya berbeda-beda contoh lakon yang pernah ada di dusun kricak adalah Umar Amir dan Berandal luko joyo.

Tujuan dari tradisi ini sendiri adalah sebagai rasa syukur atas panen yang melimpah sekaligus sebagai pengharapan dari keyakinan masyarakat agar terhindar dari balak atau menghindari sesuatu yang buruk yang akan terjadi di Dusun Kricak.
Tradisi manganan berlangsung secara turun-temurun dan sampai sekarang belum diketahui asal dan mula tradisi tersebut. Tetapi meski warga dusun kricak sendiri belum mengetahui asal mula dan kapan dimulai tradisi ini masyarakat tetap melakukan tradisi ini dengan alasan meneruskan tradisi leluhur. Dengan banyak warga kurang lebih 185 (seratus delapan puluh lima) kepala keluarga yang terdiri dari 3 (tiga) RT dari RT 05 sampai dengan RT 07. Maka, tempat pelaksanaan tradisi manganan tersebut dilakukan di halaman sumur tua yang diyakini warga sebagai sumur pertama kali didusun kricak yang terletak di RT 05 RW 02.

Prosesi tradisi manganan yang dilakukan oleh warga dusun kricak yaitu dengan membawa ambeng / nasi dari hasil panen yang dilengkapi dengan sedikit aneka lauk-pauk, sayur-sayuran yang sudah didimasak dan juga jajanan khas warga kricak seperti jajan Krecek, Kucur, jadah dan masih banyak lagi. Setelah itu warga berkumpul di halaman sumur tua dan melakukan doa bersema yang dihadiri seluruh warga dusun kricak dan kepala desa kedungsumber denagn memberikan sambutan singkat. Setalah itu warga membagikan dari ambeng-ambeng yang dibawat untuk di makan bersama-sama atau dibawa pulang untuk di makan dirumah masing-masing.
Untuk yang ingin mengikuti acara dan tradisi manganan dapat datang ke dusun kricak desa kedungsumber kecamatan temayang kabupaten bojonegoro dapat berkunjung kesini setelah musim panen tiba, pengunjung akan merasakan kekhasan tradisi serta kekeluargaan masyarakat dusun kricak.

Updated: 7 Februari 2018 — 1:04 pm