PEMUDA SUGIHAN MENGGALI BUDAYA LOKAL DENGAN KARAWITAN

Pagelaran Seni Karawitan di Dusun Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Selasa, 17/8

Di era globalisasi yang semakin tak terbendung, seni dan budaya tradisional Indonesia semakin terdesak dari peredaran masa. Namun tidak demikian bagi Pemerintah Desa Kedungsumber yang masih konsisten untuk uriuri seni karawitan.

Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro –Jawa Timur tepatnya dusun Sugihan justru masalah tersebut menjadi motifasi untuk membangkitkan budaya lokal. Dengan memberdayakan generasi muda dan anak-anak usia tingkat dasar.
Kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan cinta seni karawitan sejak dini, untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan cara melatih anak-anak tingkat dasar setiap satu minggu sekali.
Dari kegiatan tersebut dapat dihasilkan generasi-generasi penerus untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya dan seni karawitan.

kegiatan ini didukung penuh oleh Kepala Desa Bpk. Ir. Kardi, “Kami sangat mendukung kegiatan ini, sebagai salah satu upaya melestarikan budaya tradisional yang mulai tidak diminati oleh kaum muda” Ujarnya 7/5/2017. (sugihan.com)

Updated: 8 Februari 2018 — 8:22 am