PROFIL DESA KEDUNGSUMBER

PETA DESA KEDUNGSUMBER

Karakteristik Wilayah

Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro merupakan bagian integral dari sistem perwilayahan Kecamatan Temayang Batas-batas desa ini sebelah utara Desa Temayang dan Desa Jono sebelah selatan Desa Gondang dan Desa Pajeng sebelah timur Desa Kedungsari sedangkam sebelah barat Desa Bakulan dan seterusnya dan secara geografis Desa Kedungsumber ini merupakan Potensi Pertanian dan Pariwisata.

Potensi Sumber Daya Alam

Faktor  Fisik yang diperlukan dalam merencanakan suatu kawasan  adalah  topografi, geologi, hidrografi dan kendala-kendala fisik. Desa Kedungsumber merupakan dataran Sedang DPL/DPS, dengan kemiringan 10 persen dan suhu rata-rata per hariannya 30 derajat C. Menurut topografi desa ini termasuk ada di dataran Sedang. Topografinya yang rata-rata pertanian dan landai dengan tanah gerak yang cukup tinggi menyebabkan  akses / jalan menuju desa masih sering mengalami kerusakan. Disampingh itu, banyaknya kendaraan mengangkut hasil pertanian  yang keluar masuk desa mengakibatkan jalan dan sarana prasarana pelengkap jalan rusak. Namun demikian  dengan kondisi lahan yang subur dan pengairan dari waduk pacal yang merupakan salah satu sarana Desa Kedungsumber menjadikan daerah ini sebagai penghasil padi dan jagung yang menjadi salah satu pemasukan sumber pangan di Kabupaten Bojonegoro.

Karakteristik Penduduk

  1. Jumlah Penduduk Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2014 sebesar 3.390 Jiwa yang terbagi kedalam 1.034 KK dengan kepadatan penduduk kurang lebih 118 jiwa per km2. Komposisi penduduk menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki pada tahun 2014 sebesar 1.683 jiwa, lebih kecil dibanding jumlah perempuannya sebesar 1.707 jiwa.
  2. Secara Sosial dan ekonomi, penduduk Desa Kedungsumber dikelompokkan dalam basis mata pencaharian pada sektor Pertanian, agama dan pendidikan. Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah Pertanian dengan aktifitas utama bertanam padi ,cabai dan jagung  . Mayoritas penduduk beragama islam. Menurut tingkat pendidikannya mayoritas penduduk Desa Kedungsumber  tamat SD, sebanyak 1530 Jiwa, SMP 562 Jiwa, SMA 196 Jiwa, dan Perguruan Tinggi sebanyak 17 Jiwa, dan seterusnya.

Potensi Desa

Potensi ekonomi unggulan Desa Kedungsumber adalah dibidang Pertanian  dan jasa dibidang pertanian. Potensi ini didukung oleh data luas lahan pertanian produktif 1.401,370 hektar.

Infrastruktur Pendukung

  1. Jaringan Jalan

Sarana transportasi atau akses jalan di Desa Kedungsumber kondisi baik kurang lebih 2.450 m, rusak kurang lebih 1.550 m, jalan makadam kurang lebih 2000 m yang perlu pembenahan. Di seluruh wilayah desa hanya jalan paving dan jalan makadam. Jalan aspal adalah satu-satunya ruas jalan yang menghubungkan ke Ibu Kota Kecamatan.

  1. Kondisi dan fungsi jalan

Kondisi jalan Poros Desa yang menghubungkan desa  keluar dalam kondisi baik/kurang baik. Sedangkan kondisinya jalan paving dan jalan makadam banyak yang mengalami kerusakan dan kurang perawatan. Lokasi jalan-jalan tersebut terdapat di beberapa lingkungan RT.

  1. Keadaan tranportasi

Transportasi yang masuk kedesa adalah  kendaraan bermotor dan kendaraan truk pengangkut. Sedangkan transportasi lokal adalah kendaraan pribadi berupa sepeda motor dan ojek.

  1. Pasar desa

Pasar Desa di Desa Kedungsumber belum ada karena masih tersektor di Desa Temayang. Pasar ini merupakan pertemuan antara para petani dengan para pedagang pengepul dari kota.

  1. Sarana irigasi

Sarana Irigasi yang telah ada di Desa Kedungsumber masih berupa pompa air/Diesel yang pengairannya dari sungai pacal.

  1. Infrastruktur pendukung yang lain

antara lain meliputi fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, fasilitas perumahan, fasilitas perkantoran, fasilitas olah raga dan rekreasi, fasilitas MCK, fasilitas perdagangan dan jasa dan seterusnya. Dalam hal ini  dijelaskan bagaimana kondisi, potensi dan kendala yang dihadapi dari masing-masing  infrastruktur yang ada.

Kelembagaan Desa

  1. Hasil Identifikasi kelembagaan terdapat BPD, LPMD, PKK, karang taruna, lembaga, lembaga sosial kemasyarakatan dan pemerintahan yang ada di Desa Kedungsumber Lembaga tersebut meliputi BPD, LPMD, Karang Taruna, Gapoktan, PKK, Posyandu (Kader Posyandu).
  2. Hasil pemetaan kelembagaan  yang dilakukan pada waktu proses pengkajian potensi dan masalah menunjukkan  lembaga kemasyarakatan yang eksis  dan memiliki pengaruh langsung  dalam menggerakkan masyarakat adalah pelaku dan kades Desa Kedungsumber selengkapnya dapat disimak  sebagaimana bagan berikut dan seterusnya.

 

Selengkapnya tentang Desa Kedungsumber silahkan : klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *