MISKINNYA JARINGAN SELULER DAN JARINGAN INTERNET DI DESA KAMI

MISKINNYA JARINGAN SELULER DAN JARINGAN INTERNET DI DESA KAMI

maps-desaDesa kedungsumber merupakan salah satu desa dari 12 desa di wilayah kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, yang letak geografisnya berada diantara pegunungan hutan jati.  wilayah desa kedungsumber yang terpisah pisah dusun satu dengan yang lain menjadi salah satu faktor keterlambatan pembangunan. selain dari sektor pembangunan desa kedungsumber termasuk desa yang miskin akan jaringan seluler. Sehingga penggunaan sarana komunikasi /informasi sangat ketinggalan. Ada tiga dusun yang sangat kesulitan dengan jaringan seluler, dusun tersebut diataranya : Dusun Kedungsumber (Krajan). Dusun Tretes, dan Dusun Sugihan.

screenshot_1Pada masa tahun 2010 penggunaan sarana komunikasi khususnya seluler (HAND PHONE) sangat jarang dijumpai pada warga desa kedungsumber itu semua disebabkan karena jaringan seluler sangat sulit masuk kewilayah kami. Saat itu masyarakat bisa mendapatkan informasi rata – rata dari media elektronic (Televisi dan Radio) itu juga harus menggunakan Antena UHF dengan ketinggian minimal 3 pipa (17 meter). Bagi masyarakat yang menggunakan sarana seluler harus rela memasang penguat sinyal agar mendapatkan sinyal yang bisa dipakai telphone maupun sms, selain menggunakan antena penguat sinyal langkah yang diambil masyarakat harus rela naik gunung yang berada di sebelah utara desa, yang digunung tersebut lumayan jaringan selulernya. sebagian ada yang harus pergi ke desa sebelah (Desa Kedungsari) hanya untuk mendapatkan jaringan seluler.

Seiring dengan berjalannya teknologi yang semakin canggih dan maraknya sarana seluler Android dan Internet masuk desa, tetap mayarakat Desa Kedungsumber hanya bisa mengimbanginya dengan langkah – langkah seperti di atas. Masyarakat sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah terkait sarana jaringan seluler. Pemerintah Desa Kedungsumber juga sudah berusaha untuk mengajukan permohonan bantuan sarana jaringan seluler baik secara lisan maupun tulisan tapi hingga saat ini belum juga ada bantuan yang diharapkan.

pemasangan-wiffi-baldes1 pemasangan-wiffi-baldes3
sehingga pada tahun 2015 Pemerintah Desa Kedungsumber mengambil langkah dengan memasang jaringan internet / wifi di kantor desa bekerjasama dengan pihak ketiga agar masyarakat bisa memanfaatkannya. Pemasangan jaringan internet / wifi dikantor desa dipicu keinginan pemerintah desa untuk tidak ingin ketinggalan di bidang komunikasi maupun informasi dan keluhan dari masyarakat. Pemasangan jaringan internet / wifi dikantor desa tidak semudah seperti pemasangan di wilayah perkotaan, di perkotaan pemasangannya cukup mudah dengan menggunakan sarana Speedy, sementara pemasangan di desa kami harus menggunakan antena repiter setinggi minimal 17 meter karena tidak terjangkaunya sarana telkom dari desa kami. Sejak pemasangan tersebut sedikit demi sedikit masyarakat banyak yg berminat memasang wifi dengan cara paralel dari wifi kantor desa. sampai saat ini ada 4 titik jaringan wifi milik masyarakat yang pasang dari kantor balai desa. sedikit tercapai tujuan kami agar internet bisa dinikmati masyarakat desa kami.

pemasangan-wiffi-diwarga

pemasangan-wiffi-di-warga2

pemasangan-wiffi-di-warga

pemasangan-wiffi-di-warga1

Pada tahun 2016 ini Pemerintah Desa telah memprogramkan untuk pemasangan jaringan internet/wifi dimasing – masing Dusun, sarana pendidikan (Sekolah Dasar) dan sarana Kesehatan (Polindes). Semoga dengan program pemasangan jaringan internet/wifi tersebut bisa memudahkan masyarakat mengakses internet maupun memasang jaringan internet/wifi.

PEMASANGAN WIFI DI SDN I KEDUNGSUMBER

wiffi-sdn-kd-sumber1

PEMASANGAN WIFI DI POLINDES KEDUNGSUMBER

wiffi-polindes1

PEMASANGAN WIFI DI DUSUN TRETES

img-20161009-wa0064

img-20161011-wa0024

PEMASANGAN WIFI DI DUSUN TRETES

img-20161011-wa0021

img-20161011-wa0018

Updated: 20 Oktober 2016 — 11:45 pm