DESA KEDUNGSUMBER PUNYA “KRIDA NIRWANA”

(Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-74 Dsn.Sugihan Ds. Kedungsumber Menampilkan Ketoprak “Krida Nirwana”.Selasa/27 Agustus 2019)

‘’KRIDA NIRWANA’’ adalah sebuah seni budaya yang di miliki oleh Desa Kedungsumber, yang mana seni Budaya tersebut merupakan sebuah seni Budaya Drama Ketoprak yang awalnya di dirikan oleh Karang Taruna Dusun Sugihan Desa Kedungsumber Kec. Temayang beberapa puluhan tahun yang lalu. Bapak PUDIONO selaku Pimpinan Seni ‘’KRIDA NIRWANA’’ selalu berusaha mempertahankan seni tersebut.Hal ini di buktikan ‘’KRIDA NIRWANA’’ selalu tampil dalam Peringatan HUT RI setiap tahun.
Pada kesempatan Peringatan HUT RI Ke – 74 Seni Ketoprak ‘’KRIDA NIRWANA’’ membawakan lakon ‘’DAMARWULAN’’, Yang mana cerita tersebut di lakoni oleh anak-anak dari wilayah setempat. Sehingga di harapkan dengan berkembangnya dunia era masa kini anak-anak tetap mencintai Seni Budaya setempat.
‘’Kami Pemerintah Desa Kedungsumber mengapresiasi keberadaan Seni Budaya ‘’KRIDA NIRWANA’’ yang selalu menggali potensi untuk mengembangkan Seni tersebut, sehingga mampu menarik simpati ana-anak khususnya di wilayah Desa Kedungsumber yang selalu mencintai seni budaya Jawa khususnya yang ada di wilayah Desa Kedungsumber’’ ujar Kepala Desa Kedungsumber Ir. KARDI.
Seni Karawitan ‘’NGESTI BUDOYO’’ yang selalu mendampingi kegiatan seni ketoprak ‘’KRIDA NIRWANA’’ selalu memberikan kesan tersendiri, Yang mana tabuhan gamelan dan kendangnya yang tidak kalah menarik sehingga banyak warga setempat yang selalu berbondong-bondong untuk menyaksikan penampilan Seni Ketoprak ‘’KRIDA NIRWANA’’.(Kasipem,28-08-2019).

Updated: 2 Desember 2019 — 6:27 am