BERAT SAMA DIPIKUL, RINGAN SAMA DIJINJING. KEBERSAMAAN WARGA KEDUNGSUMBER DALAM BERGOTONG ROYONG PATUT DIBERI APRESIASI YANG TINGGI

Rangkaian dari acara penutupan KKN transformatif UIN Sunan Ampel surabaya,  yaitu dengan mengadakan berbagai lomba. Salah satunya yaitu lomba kebersihan antar RT se desa Kedungsumber. Lomba tersebut diadakan guna meningkatkan Kebersihan lingkungan dalam segi apapun,  dengan cara tersebut dapat memacu masyarakat untuk berlomba-lomba Bergotong royong tanpa mengaharapkan upah.

Sebelum lomba dimulai, kami (mahasiswa KKN) sosialisasi kepada masyarakat tentang adanya lomba kebersihan. Sosialisasi tersebut bergilir dari dusun sugihan,  dusun tretes,  dusun kricak,  dan dusun krajan.  Yang dimulai pada tanggal 31 januari sampai 3 februari. Sosialisasi tersebut sekaligus sosialisasi pembentukan BPD dari masing-masing dusun. Yang di ikuti oleh perangkat desa.

Setelah sosialisasi selesai di empat dusun, pada tanggal 4 februari sampai tanggal 8 februari lomba kebersihan dimulai.  Sedangkan penilaian dilakukan ada tanggal 9 dan 10 februari.

Lomba kebersihan tersebut meliputi empat kategori, yaitu : kebersihan, sanitasi,  kelengkapan, dan kebersamaan. Jika semua kategori sudah terpenuhi maka bisa mendaat nilai sempurna. 

Kerja bakti yg pertama dilakukan di kricak RT 06, warga sangat antusias untuk mengikuti kerja bakti,  semua ikut berpartisipai dari yg muda,  remaja,  maupun yang tua.  Mereka membawa cangkul, sabit,  dan peralatan yang lainnya.  Mereka serentak membuat aliran got sepanjang RT 06. Tak hanya itu mereka juga membuat plakat yang berisi tulisan RT 6 kricak. Setelah usai mereka foto bersama.

Pada hari kamis kerja bakti dilakukan di dusun sugihan,  disana masyarakatnya juga sangat antusias.  Mereka sling membantu untuk membersihkan lingkungannya.  Pada hari jum’at kerja bakti dilakukan di tiga dusun,  yaitu kricak,  krajan,  dan tretes. Kita dibagi untuk kerja bakti di masing-masing dusun. 

Setelah selesai semua kerja bakti diberbagai dusun, pada tanggal 9 dan 10 yaitu penilaian,  penilaian tersebut jurinya mahasiswa KKN sekaligus melibatkan perangkat desa setempat.  Penilaiam tersebut dijadikan satu,  dan hasil akhir di kalkulasikan. 

Setelah penilaian tiba saatnya pengumuman juara yang di umumkan pada saat pentas seni sekaligus pengajian dalam rangka penutupan KKN UINSA.

Juara pertama diraih oleh RT 09 dusun tretes,  juara 2 diraih oleh RT 14 dusun sugihan,  dan juara 3 diraih oleh RT 6 dusun kricak.

Updated: 10 Maret 2019 — 9:52 pm