BAWANG MERAH BIKIN HIDUP PETANI BERUBAH

Areal persawahan dengan tanaman bawang merah yang siap panen. (Selasa, 6/2) Cik_mutzz

Bojonegoro,7/2.(Sugihan.com).Dusun Sugihan adalah salah satu Dusun yang terletak di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro-Jawa Timur, Yang terdiri dari 8 Kepala Rukun Tetangga yaitu dari RT.10 sampai dengan RT.17.Mayoritas penduduk Dusun Sugihan adalah petani.Seiring dengan bergulirnya waktu yang semula masyarakat setempat menanam padi dan jagung kini masyarakat Dusun Sugihan mulai merubah kehidupan mereka menjadi Petani bawang merah dengan tujuan Untuk merubah penghasilan dan pendapatan hasil pertanian mereka agar semakin meningkat.
Petani di Dusun sugihan Desa Kedungsumber menanam bawang merah pada musim hujan, dengan tujuan untuk meminimalisir anggaran biaya penanaman bawang merah.
Penanaman bawang merah oleh petani di Dusun Sugihan desa Kedungsumber pada dasarnya ditanam di sawah dataran tinggi agar tidak terdampak banjir yang sering melanda wilayah tersebut. Penanaman bawang merah pada dasarnya bagi yang memang harus memiliki kemampuan khusus.Disamping membutuhkan biaya yang cukup besar, Bawang merah juga mudah terserang hama ulat, brontok, lodoh dll. Sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian khusus di bandingkan tanaman pertanian lainnya. Di samping kendala hama musim panen raya yang bersamaan dengan daerah lain sehingga harga bawang merah menjadi anjlok sehinnga berpengaruh terhadap pendapan petani bawang merah. Alhasil dengan menanam bawang merah dapat meningkatkan kehidupan mereka yang semula pendapatan rata-rata Rp.1.200.000,- kini pendapatan mereka bisa mencapai Rp.2.000.000,-setiap bulannya. Dengan kata lain Bawang Merah hidup petani berubah menjadi lebih baik.

Updated: 7 Februari 2018 — 12:46 pm