Asal usul BUTAK (Bukit Salang Petak)

Bojonegoro, 6/2 (Krajan.Com) – Di utara Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Tepatnya di Kawasan Hutan KRPH Bakulan yang masuk dalam Wilayah Peta Desa Kedungsumber, terdapat sebuah Pegunungan yang masyarakat sekitar biasa menyebut dengan Gunung Piling, di salah satu perbukitan gunung piling ada sebuah bukit yang sering disebut dengan BUTAK (Bukit Salang Petak).

di bukit salang petak (BUTAK) terdapat delapan makam yang menurut cerita para sesepuh dan masyarakat desa, salah satu dari makam tersebut adalah makam orang paling berjasa atas adanya desa Kedungsumber, beliau adalah Mbah Jembret Kepala Desa Kedungsumber Pertama orang yang pertama kali babat desa kedungsumber.

Pemerintah Desa Kedungsumber dimasa ini dan sebelumnya dalam sebulan sekali selalu melakukan ziarah untuk merawat dan mendoakan para leluhur yang berada dalam makam tersebut. jarak dari pusat pemerintahan Desa Kedungsumber kurang lebih 1,5 km, dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. selain itu disekitar makam tersebut sering digunakan untuk ajang uji kelihaian oleh para pencinta motor triel. karena kawasan tersebut sangat menantang untuk digunakan sebagai ajang motor triel.

Kepala desa kedungsumber (Ir. Kardi) dan juga Perangkat desa saat Ziarah ke makam tersebut pernah berangan misal di BUTAK (Bukit Salang Petak) dibangun sebuah area wisata religi tentunya sangat tepat, karena tempatnya sangat strategis, tenang dan bisa membuat kedamaian hati.

Updated: 7 Februari 2018 — 10:02 am